11 Tips Sukses Membawakan Presentasi

Pada saat presentasi seringkali dihinggapi dengan hilangnya kepercayaan diri. Penyebabnya adalah ketakutan. Takut ditolak oleh audiens, takut blank, dan takut tidak dapat menjawab pertanyaan audiens. Hal ini dicirikan dengan tangan dingin, keringat dingin, dan bicara menjadi belibet. Ketakutan tidaklah sepenuhnya negative, ketakutan bisa menjadi pemicu untuk menjadi lebih baik, takut akan kegagalan akan menjadikan kesuksesan.

Jika anda ingin tahu bagaimana membangun kepercayaan diri dalam presentasi, perhatikan tips berikut :

  1. Membagikan pengalaman kerja atau prestasi dari anda kepada audiens. Mengapa ? karena hanya anda yang tahu detil hal ini.
  2. Kontrol ketakutan anda ketika ia datang, dan jangan kuatir hanya karena anda berfikir orang lain dapat berpresentasi lebih baik dari anda.
  3. Yakinlah terhadap kebenaran informasi yang anda sampaikan dan konfidenlah untuk membagikannya.
  4. Buatlah simulasi presentasi sebelum Anda melakukan presentasi sebelumnya. Karena berlatih dengan praktek dapat mempermudah kita membawakan presentasi.
  5. Jadilah diri anda sendiri, jangan meniru style dan cara presentasi orang lain, sekalipun dia idola anda.
  6. Sebaiknya hindari pernyataan meminta maaf pada saat presentasi. Baik dari sisi konten yang anda bawakan maupun dari minimnya pengalaman anda pada saat presentasi.
  7. Gunakan pakaian yang nyaman dan menunjang presentasi anda.
  8. Pada malam sebelumnya, ketika hendak tidur, bayangkanlah Anda presentasi dengan sangat sukses, sampai membuat Anda tersenyum dan audiens bertepuk tangan meriah
  9. Lakukanlah hal itu sambil rileks dan masukkan ke dalam pikiran bawah sadar Anda, kalau saat itu Anda adalah seorang pembicara profesional
  10. Dan yang terpenting adalah Taking Action. Segugup apapun Anda, lakukan presentasi semaksimal mungkin. Dan teruskan saja, karena sebuah presentasi adalah pelajaran yang kaya akan makna dan sangat berharga.
  11. Dan yang terakhir dan sangat penting adalah jangan lupa untuk berdoa. Karena kita tidak boleh melupakan yang Maha Mengatur segalanya, yaitu Allah SWT. Hanya dengan mengingatNya lah hati menjadi tenang.

Artikel ini ditulis oleh Arry Rahmawan, pendiri dari CerdasMulia Leadership and Training Center. Tulisan-tulisan lainnya yang ditulis oleh Arry dapat dilihat di blog pribadinya, http://arryrahmawan.net

Share This:

Comments ( 0 )