Cara Meraih Hidup Sukses dengan Impian dan Perjuangan

Bagaimana cara agar kita dapat meraih kesuksesan di dalam hidup kita?

Bagi sobat pembaca yang juga adalah seorang pecinta sepak bola, salah satu olahraga paling populer di jagat raya, film “GOAL!” yang dibintangi oleh Kuno Becker sebagai Santiago Munez pastinya menjadi film yang tidak asing buat kalian, bukan?

Yap, secara sekilas film ini menceritakan tentang perjuangan seorang immigrant Amerika yang berasal dari Negara Meksiko, Santiago Munez, dalam mengejar impiannya menjadi pemain sepak bola professional. Santiago kecil hidup dengan semangatnya bermain sepak bola bersama teman-temandi lingkungan tempat tinggalnya sampai suatu saat ia harus meninggalkan Meksiko, karena alasan keamanan, untuk kemudian tinggal di Los Angeles. Ia tumbuh berkembang menjadi seorang pria dewasa di tengah keluarga kecilnya bersama dengan ayah, nenek, serta adik Santiago. Setiap hari ia harus membantu Ayahnya membersihkan taman-taman rumah milik orang kaya di kawasan LA untuk mencari uang. Meski demikian, Santiago selalu meluangkan waktu untuk bermain sepak bola dengan klub local amatirnya. 

Suatu hari, ketika ia bermain dengan rekan-rekan satu timnya dalam sebuah pertandingan amatir, Stephen Dillane, sebagai Glen Foy, menyaksikan bakat alami yang dimiliki oleh Santiago. Glen Foy adalah mantan pemain sekaligus pencari bakat Newcastle United, salah satu tim sepak bola ternama dalam sejarah persepakbolaan Inggris. Glen kemudian memberikan sebuah penawaran yang begitu luar biasa bagi Santiago, seorang pesepakbola amatir yang hidup dalam kekurangan. Penawaran itu adalah menjalani seleksi bersama Newcastle United. Sebuah penawaran yang besar tentunya. Namun, perjalanan Santiago tidaklah mulus. Ayahnya tidak mengijinkan ia terbang ke Inggris untuk mengejar mimpinya. Ayahnya mengatakan bahwa mimpi itu terlalu besar untuk orang seperti Santiago. Ia mengatakan bahwa bodoh jika Santiago terbang ke Inggris dengan banyak uang hanya untuk sekedar menjalani seleksi.

Uang tabungan Santiago, yang rencananya ia gunakan untuk pergi ke Inggris, pun dicuri oleh Ayahnya sendiri untuk membeli sebuah mobil van demi bisnis gardening Ayahnya. Singkat cerita, ia pun akhirnya terbang ke Inggris dengan uang pemberian neneknya. Selama di Inggris ia menjalani hari-hari yang luar biasa berat. Ia mengalami jatuh bangun. Ia mengalami hinaan dan penolakan yang begitu menyakitkan. Ayahnya pun meninggal ketika ia sedang berlatih. Ia sungguh mengalami cobaan-cobaan yang berat. Namun akhirnya setelah menjalani proses percobaan selama 1 bulan, ia sukses meraih impiannya: SANTIAGO MASUK KE TIM INTI NEWCASTLE UNITED! Ia tercatat sebagai pemain termuda dalam tim inti Newcastle. Bahkan ia menjadi salah satu pemain kunci tim tersebut. Dari film ini ada beberapa hal yang saya bisa pelajari, yang tentunya juga ingin saya bagikan ke sobat pembaca semua:

 1)   Semangat Pantang Menyerah

Santiago menggambarkan seorang pribadi yang pantang menyerah dalam menggapai impiannya. Mimpiny jelas yaitu menjadi pemain sepakbola professional. Meski demikian ia dihadapkan dengan kenyataan bahwa ia hidup ditengah keluarga pas-pasan dari keluarga broken home. Kenyataan bahwa Ayahnya tidak memberinya dukungan penuh kepadanya bahkan malah cenderung melarangnya mengejar mimpi. Namun keyakinan seorang Santiago Munez begitu dahsyat. Ia percaya bahwa ia mampu menggapai mimpinya menjadi pemain sepak bola professional. Ia memilih untuk tidak menyerah pada keadaan. Ia memilih untuk bekerja keras dan bekerja cerdas untuk merubah nasibnya dan nasib keluarganya.

2)   Pembuktian Diri

Dalam proses menggapai impian, Tuhan pasti hadirkan orang-orang yang menganggap kita bodoh, dungu, tolol, dan lain sebagainya. Mereka mengganggap bahwa mimpi kita terlalu besar, bahwa diri kita tidak pantas akan impian tersebut, bahwa mimpi tersebut hanyalah fantasi semata yang takkan mungkin bisa diraih. Sama halnya dengan Santiago. Ia menerima begitu banyak keraguan, caci maki, serta hinaan yang terus mencoba menggerogoti mimpi besarnya. Namun ia terus berlatih serta berusaha membuktikan diri bahwa dirinya memang layak, bahwa dirinya memang pantas untuk mimpi besar itu!

 3)   Team Work

Santiago terlahir dengan bakat alami yang begitu luar biasa. Ia memiliki kemampuan mengoper bola dan juga melakukan tendangan ke gawang yang begitu keras serta akurat. Selain itu, kemampuan menggiring bolanya juga sangat amat layak diacungi dua jempol. Bahkan terkadang ia asyik menggiring bola sendirian melewati satu-dua pemain lawan tanpa mempedulikan rekan satu timnya. Sampai suatu saat sang Manager tim, Erik Dornhelm, memberinya nasihat: “Santiago, logo Newcastle yang ada di depan kostum tim ini jauh lebih penting dari nama pemain yang ada di kostum tersebut. Bermainlah sebagai tim.” Saya belajar bahwa di dalam hidup diperlukan sebuah sinergi antar pribadi dan juga kelompok. Tidak bijak nampaknya jika kita hanya memikirkan diri sendiri demi mengejar kekayaan, ketenaran, serta hal-hal bersifat duniawi lainnya tanpa mau memikirkan orang lain.

4)   Luangkan Waktu

Di tengah tuntutan membantu Ayahnya mencari uang dengan membersihkan taman serta kebun orang-orang kaya di LA, Santiago terus meluangkan waktu untuk sepakbola, hal yang begitu ia sukai. Alhasil, ia terus mampu menjaga dan mengembangkan talentanya dalam bermain sepakbola. Dari cerita ini, kita tentu bisa belajar untuk terus meluangkan waktu untuk hal-hal yang kita sukai. Hal ini penting karena dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal—hal positif yang kita sukai, kita akan memiliki kesempatan yang sangat besar untuk terus mengasah atau bahkan mengembangkan kemampuan kita hingga akhirnya kita akan menjadi seorang ahli atau master dalam hal tersebut.

Itulah beberapa hal yang saya pelajari dan ingin saya bagikan bagi sobat pembaca semua dari film GOAL! Film ini mengajarkan kita semua tentang mimpi, perjuangan, dan keberhasilan. Kita hendaknya menyadari bahwa semangat pantang menyerah, kemauan besar untuk membuktikan diri, kesediaan untuk bekerjasama, serta kesanggupan untuk terus meluangkan waktu untuk hal-hal yang kita sukai akan menjadi beberapa faktor kunci bagi kita untuk meraih impian kita. Semoga ini bisa menjadi pengingat bagi diri saya sendiri dan juga bagi sobat pembaca semuanya bahwa,

TIDAK ADA MIMPI YANG TERLALU BESAR DAN TIDAK ADA USAHA YANG TERLALU KECIL!

Salam Pemuda Indonesia! Kami Biisa, Kami Luar Biasa!

*Artikel ini merupakan intisari dari Prinsip 2 Filosofi Hidup CerdasMulia : Visioner Untuk bekerjasama dalam membentuk generasi muda Indonesia yang cerdas dan mulia, silakan hubungi contact@cerdasmulia.co.id atau 0856 4087 9848.

Share This:

Comments ( 0 )