Filosofi Hidup CerdasMulia

Mengenal Filosofi Hidup CerdasMulia

CerdasMulia Institute menggunakan kata ‘CerdasMulia’ bukanlah hanya sekedar digunakan sebagai nama, namun juga sebagai filosofi kehidupan yang coba dibawa dan ditularkan kepada banyak generasi muda di Indonesia. Filosofi Hidup CerdasMulia merupakan sebuah filosofi hidup yang ditemukan dan dikembangkan oleh Arry Rahmawan, mahasiswa berprestasi Universitas Indonesia sejak tahun 2007, baru kemudian dikembangkan dengan lebih lanjut pada tahun 2012.

Arry Rahmawan pada waktu itu prihatin dengan kondisi anak muda, generasi muda bangsa yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia. Pada masanya, banyak sekali generasi muda yang tidak mengenal jalan hidup, tidak tahu arah, dan pada akhirnya mengarah ke hal – hal yang salah. Maka dari itu, Arry mencoba mengembangkan sebuah formula hidup yang membantu generasi muda untuk hidup lebih baik dengan cara sederhana.

Arry sampai pada kesimpulan bahwa pada intinya tidak cukup setiap manusia dibentuk untuk menjadi seorang yang mampu mengoptimalkan potensi dirinya (Cerdas), namun orang tersebut juga harus bisa memberikan banyak manfaat kepada orang lain (Mulia). CerdasMulia tidak dapat dipisahkan, layaknya seperti sebuah napas. Cerdas adalah layaknya kita menghirup udara, Mulia adalah seperti ketika kita menghembuskan udara tersebut. Keduanya harus dilakukan secara seimbang dan juga simultan.

Berdasarkan pengalaman maupun banyak penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, ditemukan bahwa ketika seseorang mampu hidup dengan CerdasMulia, maka kehidupannya akan mencapai tahap pencapaian maksimal : sukses dan bahagia secara sekaligus. Di CerdasMulia Institute, kami menyebut orang yang hidupnya sukses dan bahagia sebagai Bintang Kejora, di mana tidak hanya mampu menjadi cahaya terang bagi diri sendiri namun juga dapat menjadi cahaya yang terang dari orang lain.

Bagaimana Menggapai Hidup Layaknya Bintang Kejora?

Kami meyakini bahwa dalam setiap diri manusia sudah tersimpan potensi untuk menjadi bintang kejora. Potensi tersebut kami bagi menjadi 3 bagian yang kami sebut sebagai : Pijar Iman, Pijar Ilmu, dan Pijar Impact. Sehingga kami sampai pada sebuah kesimpulan bahwa apabila Anda ingin mendapatkan hidup layaknya sebuah Bintang Kejora, maka tingkatkanlah Pijar 3I Anda.

BINTANG KEJORA = Pijar Iman x Pijar Ilmu x Pijar Impact

Pijar Iman, yakni Anda harus melandasi setiap hal yang Anda lakukan sebagai pengabdian kepada Tuhan Pijar Ilmu, yakni Anda harus terus belajar dan meningkatkan kapasitas diri agar terus tumbuh dan berkembang Pijar Impact, yakni Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda lakukan bermanfaat bagi orang lain

Di antara ketiganya kami berikan tanda (x), sebagai tanda bahwa setiap di antaranya perlu seimbang. Apabila berat di salah satunya dan nol di sisi lain, maka bintang kejora tersebut tidak memiliki pijar yang signifikan. Gaya hidup yang selalu berorientasi untuk meningkatkan Pijar Iman, Pijar Ilmu, dan Pijar Impact dalam diri Anda inilah yang kami namakan sebagai Filosofi Hidup CerdasMulia.

Mengenal Model CerdasMulia

Untuk memudahkan setiap orang memiliki gaya hidup CerdasMulia, Arry merumuskan 9 Prinsip Hidup Utama yang diturunkan dari ketiga pijar yang telah disebutkan. Kesembilan prinsip hidup utama tersebut perlu dijunjung agar masing – masing pijar yang ada dalam diri dapat berpijar.

Untuk menyalakan Pijar Iman, terapkan 1 prinsip : Antusiasme (Enthusiasm

Untuk menyalakan Pijar Ilmu, terapkan 4 prinsip : Kenal Diri (Discovery), Kejar Visi (Visionary), Total Aksi (Totality), Asah Kompetensi (Competent

Untuk menyalakan Pijar Impactterapkan 4 prinsip : Salur Energi (Positivity), Pacu Kreasi (Creativity), Bimbing Pekerti (Influence), Cipta Generasi (Inspire)

Kesembilan prinsip hidup utama ini kemudian dikembangkan lagi menjadi Model CerdasMulia, yang dibuat oleh Melinda Nurimannisa, yang juga merupakan mahasiswa berprestasi di Universitas Indonesia. Berikut ini adalah Model CerdasMulia yang dikembangkan,

Model CerdasMulia by CerdasMulia Institute

Sejak tahun 2012 hingga saat ini, CerdasMulia memperkenalkan berbagai macam program – program untuk membentuk generasi muda Indonesia yang CerdasMulia dengan filosofi hidup ini. Sudah ribuan generasi muda yang terbantu untuk mencapai jalan hidup serta prestasi yang lebih baik. Bahkan di tahun 2014, CerdasMulia Institute mulai melebarkan sayap dengan melatih berbagai macam kader yang bukan hanya memiliki pribadi CerdasMulia, namun juga siap menjadi Inspirator CerdasMulia.

Untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai apaa itu filosofi hidup CerdasMulia, silakan Anda baca buku “Filosofi Hidup CerdasMulia, Rahasia untuk Meraih Hidup yang Lebih Sukses dan Bahagia”.