Identitas Baru, Kebiasaan Baru

Setiap akhir tahun, banyak orang rajin membuat resolusi yang ingin dicapai di tahun mendatang. Tahun berikutnya, hal tersebut dilakukan kembali. Begitu terus setiap tahun. Namun, pada beberapa orang, resolusi yang dibuat di setiap akhir tahun itu berisi hal-hal yang kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, atau dengan kata lain, perubahan itu tidak atau kurang berhasil. Hal ini sering terkait dengan sulitnya mengubah kebiasaan.

Susah bangun pagi, malas olah raga, dan kebiasaan-kebiasaan tidak produktif lainnya seringkali menjadi penghambat dalam perbaikan diri untuk mencapai tujuan. Namun, saat Anda ingin mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut, bukan tidak mungkin kebiasaan yang baru tidak bertahan lama. Clear (2013) melihat hal ini dapat terjadi karena perubahan kebiasaan itu tidak melibatkan pembaruan identitas.

Tetapkan identitas

Perilaku Anda mencerminkan identitas Anda. Sebelum Anda melakukan berbagai usaha untuk mencapai tujuan Anda, buktikan pada diri Anda sendiri bahwa identitas Anda adalah tipe orang yang mampu mencapai tujuan tersebut. Misalnya, tipe orang yang memiliki wawasan luas adalah orang yang membaca satu buku setiap minggu. Mulailah dengan mengembangkan identitas menjadi orang yang membaca satu buku setiap minggu terlebih dulu. Setelah Anda sendiri percaya bahwa identitas Anda adalah orang yang membaca satu buku setiap minggu, Anda akan cenderung melakukan hal-hal yang sesuai dengan identitas Anda tersebut. Dengan demikian, kebiasaan baru itu cenderung bertahan lama sesuai dengan identitas baru Anda.

Buktikan dengan keberhasilan sederhana

Dengan memulai kebiasaan baru Anda dari hal-hal sederhana, keberhasilan dalam melakukannya cenderung lebih mudah tercapai. Keberhasilan tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk melakukannya kembali. Pun, keberhasilan itu menjadi bukti Anda pada diri Anda sendiri bahwa Anda telah memiliki identitas orang yang melakukan kebiasaan baru tersebut. Misalnya, selama tiga bulan, Anda membaca satu buku di setiap minggunya. Anda pun akan yakin bahwa identitas Anda adalah orang yang membaca satu buku di setiap minggu.

Capai tujuan dengan kebiasaan yang baru

Setelah Anda memiliki identitas yang tercermin dalam tindakan-tindakan Anda, Anda dapat dengan lebih mudah melakukan langkah-langkah lebih lanjut untuk mencapai tujuan Anda. Kebiasaan baru yang Anda harapkan dalam rangka mencapai tujuan tersebut telah menjadi lebih dapat bertahan lama karena sesuai dengan identitas Anda.

Selamat menempuh jalan menuju impian!

Referensi:

Clear, J. (2013). Stick your goals this year by using identity. Diambil dari http://lifehacker.com

Artikel ini ditulis oleh Amelya Dwi Astuti.

Share This:

Comments ( 0 )