Latar Belakang Munculnya Filosofi Hidup CerdasMulia

CerdasMulia Institute adalah sebuah lembaga pengembangan sumber daya manusia yang fokus untuk membentuk generasi muda Indonesia menjadi generasi muda cemerlang yang kami sebut Generasi Bintang Kejora. Generasi Bintang Kejora adalah mereka yang memiliki ciri sebagai seorang yang berkarakter, berprestasi, dan berdampak besar bagi manusia lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, CerdasMulia Institute memperkenalkan Filosofi Hidup CerdasMulia sebagai sarana untuk membentuk generasi bintang kejora tersebut. Apakah itu Filosofi Hidup CerdasMulia? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, silakan Anda simak pemaparan berikut ini. Siapa tahu, Anda bisa menerapkannya untuk hidup Anda.

Latar Belakang

Filosofi Hidup CerdasMulia ditemukan oleh Arry Rahmawan (Founder CerdasMulia Institute) pada tahun 2006. Waktu itu, Arry bertekad untuk memiliki hidup yang lebih baik dan bermakna setelah di tahun sebelumnya (tahun 2004) dirinya mengalami sebuah kecelakaan hebat yang nyaris merenggut nyawanya.

Berkat pertolongan Allah, Arry selamat dari kecelakaan tersebut dan selama masa penanganan di rumah sakit terus – menerus berpikir. Karena merasa mendapatkan sebuah kesempatan kedua untuk hidup (second life chances), maka Arry berupaya bahwa hidupnya setelah itu harus berarti dan harus bermanfaat untuk orang lain. Kecelakaan di tahun 2004 ini menjadi sebuah titik balik dalam hidupnya agar bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk sesamanya.

Rumusan Sukses Pertama : HARDWORK (KERJA KERAS)

Pada tahun 2006 (saat baru masuk SMA), Arry bertekad untuk memiliki impian lebih besar dan berarti. Dia tidak ingin menyia-nyiakan kehidupan masa SMA nya untuk menjadi seorang yang biasa. Dia memutuskan untuk menjadi siswa yang extraordinary. Perlahan, dia mulai membuat beragam goals yang ingin dicapai dari tahun 2006 hingga tahun 2009. Goals nya antara lain adalah : menjadi peringkat 1 berturut – turut selama 6 semester (3 tahun), mendapat nilai UAN tertinggi, memimpin organisasi di sekolah, menang di beberapa kompetisi, dan memiliki impian masuk ke perguruan tinggi negeri (UI) tanpa tes.

Hasilnya, di tahun 2009, Arry meraih sekitar 95% goals yang dia tuliskan sebelumnya. Sejak saat itu, Arry sering diminta untuk memberikan motivasi sukses kepada adik – adiknya di SMA Negeri 1 Bogor. Termasuk yang sering adalah pada saat acara An-Naba dan OASE, acara muslim terbesar di SMA Negeri 1 Bogor.

Saat itu, inilah yang dijelaskan oleh Arry tentang bagaimana dirinya meraih sukses saat bersekolah di SMAN 1 Bogor,

Science of Goals Achievement

Science of Goals Achievement

Bagan di atas dibaca sebagai berikut,

Apa yang membedakan orang yang berhasil mencapai goals nya dengan orang yang tidak, walaupun keduanya sama – sama memiliki impian? Karena, orang biasa hanya fokus berpikir untuk mendapatkan lebih, tanpa berusaha memantaskan diri untuk menerimanya. Sementara, orang – orang yang sukses adalah mereka fokus untuk menjadi lebih agar bisa mendapat lebih. Orang sukses itu focus to become more to have more.

Pernyataan di atas divalidasi oleh hasil penelitian yang dilakukan CerdasMulia Institute dari berbagai macam subjek orang sukses yang diteliti. Hasilnya, mayoritas orang – orang sukses itu BEKERJA KERAS (HARDWORK) untuk menjadikan diri mereka layak atau pantas mendapatkan goals yang mereka inginkan.

Sehingga, inilah kata kuncinya:

The Truth to achive your goals is…

HARDWORK

Kenyataan yang paling pahit dan harus kita terima untuk meraih segala impian besar yang kita inginkan, ternyata adalah KERJA KERAS. Tidak ada kerja keras yang mudah, tidak ada kerja keras yang menyenangkan. Namun, mereka yang bekerja keras akan mendapatkan hasil yang manis dari perjuangan mereka. Maka, janganlah mudah tergoda dengan berbagai macam tawaran manis untuk sukses secara instan karena memang tidak ada kesuksesan yang berhasil diraih tanpa adanya kerja keras.

Mengetahui bahwa pentingnya untuk meraih goals adalah HARDWORK (KERJA KERAS), maka Arry mencoba untuk membuktikan sekali lagi apakah memang formula tersebut bekerja saat dirinya kuliah di Universitas Indonesia (UI).

Rumusan Sukses Kedua : OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI)

Saat kuliah di UI, Arry mencoba untuk bekerja dengan lebih keras meraih impian – impiannya. Saat tahun pertama kuliah, Arry mulai merumuskan berbagai macam target (goals) yang ingin dia capai. Mulai dari IPK cum laude sebesar 3.8, mewakili UI dalam event luar negeri (Jepang dan Singapura), mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi fakultas, bisa menerbitkan buku best seller ketika kuliah, mendapatkan beasiswa kepemimpinan, mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri, dan lain sebagainya. Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, Arry kembali berhasil mencapai goals nya hingga 85% atau hampir semuanya.

Namun, ada suatu hal yang membuat Arry tersadar, bahwa ketika dia di UI, dia bertemu dengan semua orang yang bekerja keras. Ya, hampir semua mahasiswa – mahasiswi UI merupakan HARDWORKER atau pekerja keras.

Lalu, bagaimanakah caranya agar kita bisa menjadi seseorang yang melejit di antara orang – orang yang bekerja keras ini?

Inilah yang kemudian dipikirkan oleh Arry, mengapa begitu banyak orang yang bekerja keras, namun belum tentu bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan? Arry belajar dari mahasiswa/i berprestasi di kampusnya, dan menemukan bahwa yang membedakan kesukesan di antara orang – orang bekerja keras adalah SISTEM OPERASI yang bekerja dalam dirinya.

Seperti layaknya komputer, walaupun keduanya memiliki spesifikasi yang sama dan mampu bekerja dengan kecepatan sama tetapi hasil pekerjaannya akan tergantung pada sistem operasi yang ada di dalamnya. Seperti misalkan Anda memiliki komputer dengan spesifikasi canggih, namun di dalamnya terpasang sistem operasi Windows 95 atau Windows 2000 maka kerjanya pun akan jauh lebih terbatas apabila Anda memasangnya dengan sistem operasi yang lebih baru, seperti misalnya Windows 7, 8, atau Windows 10.

Maka, untuk bisa menjadi orang yang berhasil di antara orang – orang pekerja keras, kita memerlukan sebuah sistem operasi baru yang dapat mempercepat kesuksesan kita.

Untuk menjadi orang yang berhasil di antara para pekerja keras (Hard Worker), kita memerlukan Sistem Operasi terbaru yang bekerja pada diri kita.

Inilah yang kemudian di tahun 2012 coba dirumuskan oleh Arry Rahmawan bersama dengan rekan – rekan di CerdasMulia Institute. Setelah melalui berbagai macam riset panjang dan juga pengujian ke dalam diri sendiri, didapatkan rumusan sistem operasi terbaru dengan nama Filosofi Hidup CerdasMulia. Kabar baiknya, sistem operasi ini kompatibel dengan beragam aplikasi profesi Anda saat ini. Entah Anda pelajar, mahasiswa, guru, dokter, penulis, atau pengusaha sekalipun, Anda bisa menggunakan Filosofi Hidup CerdasMulia ini untuk memperbesar serta meningkatkan capaian hidup Anda.

Filosofi Hidup CerdasMulia ini cocok untuk aplikasi profesi apapun

Filosofi Hidup CerdasMulia ini cocok untuk aplikasi profesi apapun

 

Sistem Operasi untuk Meraih Sukses Lebih Besar : Filosofi Hidup CerdasMulia

Filosofi Hidup CerdasMulia merupakan sistem operasi yang berusaha mengoptimalkan 3 potensi yang ada pada diri manusia. Ketiga potensi tersebut adalah : Potensi Hati (Pijar Iman), Potensi Akal (Pijar Ilmu), dan Potensi Fisik (Pijar Impact). Mereka yang berhasil mengoptimalkan ketiga potensi tersebut, maka akan menjadi seseorang yang Berprestasi (Cerdas), namun juga Berkarakter dan Berdampak bagi orang lain (Mulia).

Pribadi yang memiliki ketiganya, baik Karakter, Prestasi, dan Dampak kami namakan sebagai Pribadi Bintang Kejora.

Saran praktis bagi Anda yang ingin memiliki hidup cemerlang seperti bintang kejora, maka Bekerja keraslah untuk memacu Pijar Iman (Hati), Ilmu (Akal), dan Impact (Fisik) Anda sampai titik batas maksimum

Berikut ini adalah gambaran dari pribadi Bintang Kejora,

Pribadi Bintang Kejora adalah Mereka yang memacu Pijar Iman, Ilmu, dan Impact dalam diri mereka

Pribadi Bintang Kejora adalah Mereka yang memacu Pijar Iman, Ilmu, dan Impact dalam diri mereka

Filosofi Hidup CerdasMulia digunakan untuk menyalakan ketiga pijar tersebut untuk Anda. Dengan aktifnya pijar tersebut diiringi dengan kerja keras yang luar biasa, maka tidak akan ada lagi yang akan menghalangi Anda untuk meraih kesuksesan. Filosofi Hidup CerdasMulia terdiri dari 9 prinsip yang bisa Anda jalankan agar ketiga pijar Anda menyala terang. CerdasMulia Institute kemudian didirikan pada tahun 2013 oleh Andra Donatta, Arry Rahmawan, dan Maradhika Malawa untuk membantu melipatgandakan capaian hidup banyak anak muda menggunakan Filosofi Hidup CerdasMulia.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Filosofi Hidup CerdasMulia, silakan Anda klik tombol berikut ini:

Berikutnya : Filosofi Hidup CerdasMulia