Bagaimana Cara Menemukan Potensi Diri dengan Efektif?

Sebelumnya : Esensi dan Manfaat Menemukan Potensi Diri

Apa saja hal – hal mendasar yang perlu kita ketahui tentang diri kita? Setelah kita mengetahui apa itu MAKNA HIDUP, maka selanjutnya tentu kita perlu tahu bagaimana caranya agar kita dapat menjalankan hidup terbaik, yaitu hidup sesuai dengan potensi diri.

Apa saja potensi diri yang perlu kita ketahui untuk mendongkrak hasil capaian dalam hidup kita? Untuk menemukan potensi diri kita, saya akan mengajukan 4 pertanyaan yang sangat berpengaruh dalam menemukan potensi diri saya.

Pertanyaan 1 – AM I LIVING IN MY TRUTH?

“Apakah saat ini saya hidup dengan menjadi diri saya yang sesungguhnya?”

Pertanyaan ini saya dapatkan dari seorang coach pengembangan diri saat saya ingin menelusuri potensi diri saya yang sebenarnya. Jujur, awalanya saya bingung menjawab pertanyaan tersebut.

“Apakah saat ini saya hidup dengan menjadi diri saya yang sesungguhnya?”

Awalnya terllintas di kepala saya, tentu saja! Tentu saja selama ini saya hidup dengan menjadi diri saya sendiri. Masa iya saya hidup dalam kehidupan orang lain? Namun kemudian saya paham apa yang dimaksud:

“Coba kamu sebutkan 3 kata yang mewakili dirimu yang sebenarnya!”

Langsung pada waktu itu saya merasa bahwa saya tidak mengenal diri saya sama sekali! Saya bahkan tidak bisa menjawab dengan pasti 3 kata apa yang dapat mewakilkan diri saya yang sebenarnya!

Apakah ini berarti saya adalah orang yang belum hidup dalam diri saya yang sebenarnya? Walaupun pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana, namun memerlukan waktu berhari – hari bagi saya untuk menjawabnya.

Akhirnya, saya menemukan 3 kata yang benar – benar mewakili diri saya: Passionate, Smart, Generous. Tugas saya selanjutnya adalah benar – benar mengaplikasikan 3 kata tersebut dalam kehidupan sehari – hari secara konsisten. Saya harus bekerja dengan penuh passion (energi), saya juga perlu menjadi orang yang cerdas (smart), dan juga senang memberi manfaat untuk orang lain (generous) .

Bertahun – tahun saya hidup sebagai seorang passionate, smart, and generous, dan saya sangat senang sekali karena merasa bahwa diri saya adalah seorang yang berbeda dengan orang lain. Saya benar – benar merasa ‘hidup’. Benar – benar penuh energi. Bahkan, hidup saya yang passionate, smart, generous ini pada akhirnya menjelma menjadi sebuah lembaga pengembangan sumber daya manusia : CerdasMulia Institute!

Hingga saat ini pun saya masih hidup sebagai orang yang passionate, smart, and generous. Sama seperti diri saya sebelumnya, sekarang giliran saya yang ingin bertanya kepada Anda,

“Sudahkah Anda hidup dalam diri Anda yang sebenarnya? Seperti apakah diri Anda yang sebenarnya?”

Tuliskan 3 kata yang benar – benar JUJUR mewakili diri Anda, lalu terapkanlah dalam kehidupan sehari – hari, maka Anda akan mendapatkan tambahan energi yang sangat luar biasa!

3 Kata yang Mewakili diri Saya:

1……….

2……….

3………..

Pertanyaan 2 – HOW I CONNECT TO PEOPLE?

Karena di dunia ini tidak mungkin kita hidup sendiri, maka setelah kita berhasil menemukan 3 kata diri kita yang sebenarnya sekarang saatnya kita menemukan 3 kata yang mewakili bagaimana kita berhubungan dengan orang lain.

3 kata yang kita temukan sebelumnya adalah 3 kata di mana kita berkomitmen untuk selalu hidup seperti itu, baik saat ada orang ataupun tidak karena 3 kata itulah yang mewakili diri kita.

Selanjutnya, karena dalam kehidupan sehari – hari kita seringkali berhubungan dengan orang lain, maka agar tercipta keseimbangan kita juga perlu merumuskan 3 kata potensi yang ada dalam diri kita untuk kita keluarkan saat berbicara dengan orang – orang di sekitar kita.

3 potensi yang akan selalu saya munculkan saat berkomunikasi dengan orang – orang di sekitar saya adalah: caring, charismatic, inspiring. Sejak dulu hingga saat ini, saya selalu mengeluarkan 3 potensi ini sebagai pembeda diri saya dengan yang lain. 3 hal ini sangat membantu saya untuk bisa berkomunikasi efektif dan menjadi seseorang yang ‘layak untuk didengarkan’ saat menyampaikan sesuatu.

Pertanyaannya, apa 3 potensi yang Anda berkomitmen di dalamnya untuk dikeluarkan saat berkomunikasi dengan orang lain?

1…….

2…….

3…….

Pertanyaan 3 – What’s My Passion?

Pertanyaan penting lainnya untuk mengeksplorasi potensi kita adalah dengan bertanya, “Apa passion yang saya miliki?”. Passion adalah sebuah hal yang sangat kita cintai dan sungguh – sungguh dinikmati saat mengerjakannya.

Passion memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Diri ini memiliki minat yang sangat dalam terhadapnya
  2. Rela dan berkomitmen mempelajarinya dalam jangka panjang
  3. Rela mengerjakannya walaupun tidak dibayar
  4. Membuat diri sangat bersemangat dan berdaya saat mengerjakannya

Setiap orang memiliki passion yang berbeda – beda. Untuk mempermudah pencarian passion, umumnya saya membatasi bahwa passion adalah sebuah BIDANG yang kita minati (bukan PROFESI).

Misalkan saya memiliki passion di bidang:

  1. Personal Development
  2. Entrepreneurship & Innovation

Kedua hal di atas adalah BIDANG di mana saya sangat passionate atau benar – benar membuat diri saya sangat berminat untuk mendalaminya. Apabila saya diminta untuk mempelajarinya selama berjam – jam, saya akan terus bersemangat. Bahkan, saya akan merasa bahwa waktu benar – benar cepat berlalu. Sayangnya, di sekolah saya dulu tidak diajarkan dua hal tersebut. Sehingga saya benar – benar baru bisa fokus pada saat kuliah.

Keuntungan saya mengetahui passion saya ada di dua bidang tersebut, membuat saya fokus untuk meningkatkan pengetahuan (KNOWLEDGE) agar bisa menjadi yang terbaik di kedua bidang tersebut. Bukan hanya ilmu yang lebih cepat terserap, tetapi saya juga sangat ENJOY untuk mempelajarinya!

Bagaimana Caranya Saya Menemukan Passion?

Pertanyaan yang seringkali diajukan pada bagian ini adalah, “bagaimana cara saya menemukan passion? Intinya, tidak perlu terlalu diambil pusing karena hakikatnya passion itu sudah ada di dalam diri kita. Kita hanya perlu mengetahui hal apa yang kita memiliki MINAT lebih dibandingkan dengan hal lainnya.

Cara sederhana adalah misalnya kita melihat buku – buku apa yang paling banyak ada di rak lemari kita (mungkin selain buku komik ya, hehehe). Sejak SMP, dua buku paling banyak yang ada di rak buku saya adalah buku tentang personal development dan buku tentang entrepreneurship, business, and innovation. Melihat hal ini, saya menyimpulkan sepertinya saya memiliki passion yang mendalam di kedua hal tadi.

Kemudian, saya juga sering menghadiri berbagai macam seminar atau workshop. Dari beragam seminar yang sering saya hadiri, saya sangat senang sekali jika menghadiri seminar tentang entrepreneurship atau pengembangan diri. Bahkan jika punya banyak uang, saya rela menginvestasikan hingga berjuta – juta rupiah agar dapat menghadiri seminar tersebut.

Kunci Mencari Passion : Carilah hal – hal yang Anda amat sangat senang mempelajarinya, besar kemungkinan itulah PASSION Anda!

Pertanyaan 4 – What’s Your General Personalities?

Pertanyaan keempat ini bisa Anda jawab dengan mengikuti tes kepribadian. Dengan mengetahui kepribadian Anda, Anda dapat menemukan hal – hal berikut ini:

  1. Seperti apakah ciri – ciri umum diri Anda
  2. Profesi yang tepat untuk Anda
  3. Partner yang tepat untuk bekerjasama atau menjalin hubungan

Tes kepribadian ini umumnya mampu melihat diri kita dengan lebih dalam, komprehensif, dan lebih ilmiah. Salah satu tes kepribadian yang direkomendasikan untuk diambil karena komprehensif adalah MBTI dan DISC.

Untuk tes MBTI secara sederhana, Anda bisa mengunjungi http://gg.gg/prinsip1. Di sana Anda bisa melakukan tes MBTI secara online dengan nge klik tombol hijau “Mulai Tes” dan penjelasan hasilnya bisa Anda lihat langsung.

Catatan : Tes MBTI di atas hanyalah untuk menggambarkan secara umum pemetaan diri kita di 16 personalities MBTI. Untuk keakuratan hasil yang lebih baik, disarankan untuk mengambil tes MBTI/DISC di provider resmi.

Dengan tes MBTI ini, setidaknya Anda bisa mengetahui tiga hal seperti yang saya sebutkan di atas. Hasil tes menunjukkan (dari tahun ke tahun, waktu ke waktu), saya adalah seorang INTJ. Berikut ini adalah manfaat saat saya mengetahui bahwa saya seorang INTJ:

Dengan mengetahui kepribadian umum, saya menjadi lebih tahu seperti apakah sifat – sifat alamiah saya di mana dengan ini saya jadi bisa menyesuaikan gaya saya belajar, berkomunikasi, dan meningkatkan kualitas hidup saya.

Dengan mengetahui profesi yang tepat, tentu saja saya jadi bisa mendapatkan saran profesi apa yang paling tepat untuk orang seperti saya. Saran profesi ini kemudian saya GABUNGKAN dengan PASSION saya. Berdasarkan analisis INTJ, saran profesi untuk orang ini adalah sebagai ilmuwan, peneliti, dosen, trainer. Jadilah saya adalah seorang dosen kewirausahaan dan juga trainer pengembangan diri (hasil gabungan dari mengetahui kepribadian dan passion).

Lalu, dengan mengetahui partner yang tepat saya bisa lebih selektif dalam memilih rekan kerja maupun pendamping hidup saya. Saya merasakan betul bahwa saya dengan istri (INTJ & ENFP) benar – benar saling melengkapi dan menguatkan karena ternyata INTJ & ENFP adalah partner alami. Begitu pula dengan kondisi kerja, di mana akhirnya saya bisa lebih memahami dan banyak belajar tentang bagaimana seharusnya saya menyeleksi atau berkomunikasi dengan rekan kerja agar hasil pekerjaan dapat lebih optimal.

CerdasMulia Akan Membantu Anda Menemukan Kembali Potensi Diri Anda

CerdasMulia Institute sangat concern untuk membantu Anda menemukan potensi diri agar dapat mengungkit capaian hidup dengan lebih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin belajar bagaimana dan potensi diri apa saja yang setidaknya dapat Anda ketahui, silakan Anda klik link berikut ini:

Pelatihan Menemukan Potensi Diri dari CerdasMulia Institute

Apabila Anda ingin mempelajari dengan lebih banyak serta lengkap tentang bagaimana caranya menemukan potensi diri yang dapat mengungkit capaian hidup Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di +62 856 4087 9848 atau email di contact@cerdasmulia.co.id.

Selanjutnya : Bagaimana Cara Mengoptimalkan Potensi Diri Kita?