Bagaimana Cara Mengoptimalkan Potensi yang Kita Miliki?

Sebelumnya : Bagaimana Cara Menemukan Potensi Diri yang Efektif

Setelah Kita Menemukan Potensi Diri Kita, Bagaimana Cara untuk Mengoptimalkannya?

Selamat datang di pembahasan lebih lanjut tentang prinsip 1. Sebelum mulai mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan potensi, silakan Anda baca terlebih dahulu bagaimana caranya menemukan potensi diri yang efektif. Setidaknya, Anda sudah bisa menemukan 4 potensi diri yang paling vital sebagai daya ungkit capaian hidup Anda.

Keempat potensi diri tersebut adalah:

  1. Diri Anda yang Sebenarnya
  2. Cara berkomunikasi Anda dengan yang Lain
  3. Passion atau Interest Anda
  4. Kepribadian Umum Anda

Silakan Anda cek halaman Bagaimana Menemukan Keempat Potensi tersebut yang kemudian akan Anda gunakan sebagai daya ungkit kehidupan Anda.

Lantas, setelah saya menemukan keempat potensi saya tersebut, bagaimana cara saya mengoptimalkannya? Tulisan kali ini akan membagi caranya kepada Anda.

Mengoptimalkan Potensi 1 – Koneksikan dengan Makna Hidup

Pada prinsip 0 sebelumnya, kita sudah sama – sama belajar mengenai arti atau makna hidup yang sesungguhnya. Hidup di dunia ini, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk:

  1. Memberikan performa terbaik
  2. Menolong sebanyak – banyaknya orang lain
  3. Selalu meniatkan diri untuk taat kepada Allah SWT

Ketika saya sudah menemukan potensi – potensi saya ini, saya selalu mengaitkannya dengan makna hidup tersebut. Berikut ini sekedar mengingatkan tentang potensi yang saya temukan dalam diri saya,

  1. Diriku sebenarnya : Passionate, Smart, Generous
  2. Cara Terhubung dengan Orang Lain : Caring, Charismatic, Inspiring
  3. Passion Saya : Personal Development, Entrepreneurship & Innovation
  4. General Personalities : INTJ

Sekarang, kita gabungkan antara makna hidup dengan potensi diri kita, maka akan menjadi sebuah mission statement dalam hidup sebagai berikut:

“Allah menugaskan saya untuk hidup di dunia ini menjadi seorang dosen dan trainer pengembangan diri terbaik yang akan membantu jutaan pemuda Indonesia berpijar layaknya bintang kejora dengan filosofi hidup CerdasMulia.”

Dapat Anda lihat bahwa gabungan antara makna hidup saya dengan potensi diri saya menghasilkan sesuatu yang selama ini banyak orang cari namun jarang yang menemukan : LIFE PURPOSE (Tujuan Hidup)!

Ketika kita sudah mendapatkan life purpose ini, maka inilah yang akan mengarahkan hari – hari kita menjadi lebih powerful, lebih ceria, lebih berdaya, lebih bermakna, lebih berdampak! Inilah yang kemudian membuat saya mengerti mengapa Allah memerintahkan manusia untuk beribadah kepadaNya. Beribadah bukan hanya khusus kepada Allah, tetapi juga beribadahlah sesuai dengan siapa diri kita. Beribadahlah sesuai dengan mission statement kita masing – masing!

Life purpose is your life mission statement! Fulfill it!

Apapun potensi Anda, gabungkan dengan makna hidup dan jadikan itu adalah landasan misi Anda selama hidup di dunia. Ibarat seorang astronot yang dikirim ke bulan, mereka mengemban misi untuk meneliti berbagai fenomena dan membawa bebatuan bulan kembali ke bumi. Begitu pula manusia yang Allah kirim ke dunia, tentu membawa misi!

Ketika saya melihat dan membaca Al – Quran, dari situlah kemudian saya mendapat petunjuk terkait misi apa yang khusus ditujukan kepada saya dan khusus HANYA KEPADA SAYA SEORANG! I’m really happy!

Mengoptimalkan Potensi 2 – Buat Alur Hidup yang Jelas

Setelah Anda menemukan apa life purpose dari hidup Anda, maka yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah melaksanakan dan memenuhi misi tersebut sebelum tiba waktunya Anda kembali kepada Allah SWT.

Bagaimana cara memenuhi misi Anda tersebut? Satu hal yang pasti, misi Anda tidak akan pernah selesai hingga Anda tutup usia. Hal yang harus Anda dan saya lakukan adalah terus – menerus meningkatkan hasil capaian misi, sebanyak – banyaknya sebagai bekal kita untuk pulang menghadapNya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat melaksanakan misi kita tersebut?

Saya sudah menyediakan panduannya untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya silakan lihat gambar berikut ini,

 

Apakah Anda sudah Menemukan Misi Hidup Anda? Saatnya Memenuhi Misi Tersebut!

Apakah Anda sudah Menemukan Misi Hidup Anda? Saatnya Memenuhi Misi Tersebut!

Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa setiap hasil dari perbuatan kita (result) akan selalu diawali dari life purpose kita. Kita bergerak dari bawah ke atas.

Setelah kita menemukan life purpose, selanjutnya adalah kita membuat sebuah dream plan, di mana isinya adalah capaian – capaian yang ingin kita raih dalam jangka waktu 20 – 30 tahun ke depan sesuai dengan life purpose yang kita canangkan. Selanjutnya kita membuat goals, yang berisikan target – target yang fokus akan kita capai dalam 1 – 5 tahun ke depan, berdasarkan dream yang telah kita buat sebelumnya. Baru kemudian kita buat schedule yang ketat untuk meraih target capaian kita di tahun ini untuk kemudian menghasilkan result yang diinginkan.

Ketika result sudah dicapai, beralihlah ke impian yang lebih besar. Begitu seterusnya hingga hidup kita terus – menerus bertumbuh seiring dengan pelaksanaan life mission kita.

Menyenangkan, bukan? Dengan begini, hidup kita akan terus – menerus memiliki tantangan untuk tumbuh. Selain tumbuh, hidup kita pun akan harmonis karena hal itu sesuai dengan life purpose hidup kita.

Untuk lebih lengkap bagaimana merangkai visi dan impian, akan lebih detil dijelaskan di Prinsip 2 – Memiliki Visi yang Jelas dan Terarah. Hal yang mencakup visi adalah 3 bagian yang ada di segitiga, yaitu : Dreams, Goals, dan Schedule.

CerdasMulia Akan Membantu Anda Menemukan Kembali Potensi Diri Anda

Jadi, apakah Anda saat ini sudah mengetahui apa life purpose Anda?

Saya harap, Anda tidak beranjak ke bagian selanjutnya apabila Anda BELUM menemukan apa life purpose Anda. Apabila sudah, selamat! Akhirnya sekarang Anda tahu dengan lebih jelas apa tujuan hidup sebenarnya dari diri Anda. Inilah mengapa prinsip 1 ini juga disebut sebagai prinsip clarity, karena dengan ini semuanya menjadi jelas. Termasuk tujuan hidup Anda.

CerdasMulia Institute sangat concern untuk membantu Anda menemukan potensi diri agar dapat mengungkit capaian hidup dengan lebih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin belajar bagaimana dan potensi diri apa saja yang setidaknya dapat Anda ketahui, silakan Anda klik link berikut ini:

Pelatihan Menemukan Potensi Diri dari CerdasMulia Institute

Apabila Anda ingin mempelajari dengan lebih banyak serta lengkap tentang bagaimana caranya menemukan potensi diri yang dapat mengungkit capaian hidup Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di +62 856 4087 9848 atau email di contact@cerdasmulia.co.id.

Selanjutnya : Tools dan Worksheet untuk Membantu Menemukan Potensi Diri