Panduan Menemukan dan Menyadari Potensi Diri

Sebelumnya : Prinsip 0 – Menemukan Makna Hidup yang Sesungguhnya

Sahabat CerdasMulia, selamat datang di prinsip pertama dari filosofi CerdasMulia! Kali ini kita akan sama – sama belajar tentang bagaimana cara untuk menemukan potensi dalam diri kita.

Dalam buku Filosofi Hidup CerdasMulia, menemukan potensi diri merupakan prinsip pertama (prinsip 1) yang perlu diamalkan agar setiap orang dapat meningkatkan kesuksesan hidupnya dengan jauh lebih cepat. Kok bisa? Tenang, dalam tulisan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang pentingnya kita mengenal potensi diri dan tentu saja berbagai macam tips agar Anda dapat menemukan potensi diri Anda.

Prinsip 1 CerdasMulia - Menemukan Potensi Diri

Prinsip 1 CerdasMulia – Menemukan Potensi Diri

Berikut ini adalah poin – poin yang akan kita bahas:

  • Esensi atau Manfaat Mengapa Kita Perlu Menemukan Potensi Diri
  • Bagaimana Cara yang Efektif Agar Kita dapat Menemukan Potensi Diri?
  • Bagaimana Cara Menggunakan Potensi dengan Lebih Optimal?
  • Tools dan Worksheet yang dapat Digunakan untuk Potensi Diri
  • Sumber atau Referensi Lain untuk Membantu Anda Menemukan Potensi Diri

Esensi atau Manfaat Mengenali Potensi Diri

Sepakatkah Anda apabila saya mengatakan bahwa setiap manusia itu diciptakan unik? Setujukah Anda apabila saya berpendapat bahwa setiap manusia itu memiliki potensi yang berbeda – beda antara manusia satu dengan manusia lainnya?

Saya yakin, Anda pasti akan setuju! Karena, hal tersebut sudah sangat jelas terpampang di hadapan kita bahwa memang setiap orang itu memiliki potensinya masing – masing. Selain itu, ribuan penelitian tentang sifat, karakter, dan dan potensi selalu menunjukkan bahwa setiap orang unik. Bahkan sidik jari kita saja tidak kembar, sekalipun itu adalah saudara kembar identik!

Kesimpulannya? Setiap orang diciptakan unik, setiap orang diciptakan istimewa, dan setiap orang diciptakan dengan kekuatan besar dari Allah SWT.

Namun, sudahkah kita menemukan potensi kita yang sebenarnya? Apakah diri kita saat ini sudah berada pada ‘track’ yang benar untuk mengembangkan potensi diri kita tersebut?

Atau, malah jangan – jangan kita belum menemukan potensi diri kita sama sekali?

Saat saya membawakan seminar pengembangan diri di berbagai sekolah atau institusi di Indonesia, saya menemukan kenyataan yang ironis bahwa mayoritas anak – anak muda Indonesia tidak memahami betul seperti apa diri mereka. Bahkan, tidak jarang dari mereka tidak tahu potensi yang ada dalam diri mereka.

Pertanyaan – pertanyaan yang membuat ‘SKAKMAT’

Saya beruntung mendapatkan pertanyaan – pertanyaan seperti ini sewaktu saya masih remaja, di mana pertanyaan – pertanyaan ini mau tidak mau dan suka atau tidak suka berusaha untuk saya jawab. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:

  1. Sebutkan 10 ciri khusus yang membedakan diri kamu dengan orang lain!
  2. Apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu?
  3. Profesi apa yang cocok untuk ditekuni oleh orang seperti kamu?
  4. Rekan kerja seperti apakah yang cocok bekerjasama denganmu?
  5. Apakah kamu punya passion? Passion apa yang kamu miliki?

Dan masih buanyaaak seabrek pertanyaan – pertanyaan lainnya. Pertanyaan ini saya dapatkan sewaktu saya mengikuti tes wawancara sebuah organisasi. Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan itu memaksa saya untuk mengeksplorasi diri saya lebih dalam. Ternyata, pertanyaan tersebut sedikit demi sedikit mulai membuka pikiran saya bahwa ternyata saya memiliki potensi yang unik, spesial, dan berbeda dengan orang lain!

Apakah Anda bisa menjawab kelima pertanyaan di atas? Jika belum, semoga bagian prinsip 1 CerdasMulia ini dapat membantu Anda untuk menemukan potensi diri Anda dengan lebih jelas. Saat Anda sadar bahwa Anda belum mengetahui dengan jelas apa potensi hidup Anda, maka saran dari saya adalah : segera cari dan temukan!

Karena, saya banyak menyaksikan kehidupan yang tidak maksimal bahkan tragis saat seseorang tidak peduli untuk menemukan potensi dirinya sendiri.

Pengembangan Diri Optimal Diawali dari Mengenali Potensi Diri

Apabila kita ingin mendapat kesuksesan, maka tentu kita harus memantaskan diri menjadi manusia terbaik. Sementara, jalan untuk menjadi manusia terbaik adalah dengan hidup yang terus tumbuh menjadi lebih baik lagi.

Menjadi manusia yang terus bertumbuh, tidak hanya memerlukan kerja keras. Memang, manusia bisa tumbuh dengan bekerja lebih keras lagi dari manusia lainnya. Seperti misalnya meningkatkan jam belajar yang tadinya hanya 1 jam per hari, menjadi 3 jam per harinya.

Tetapi, pernahkah Anda melihat sebuah fenomena bahwa banyak sekali orang yang sudah belajar selama berjam – jam, dikalahkan oleh orang yang belajar hanya dalam 1 jam atau kurang?

Setelah ditelusuri, ternyata orang yang mampu tumbuh dengan cepat itu adalah orang yang memang memiliki potensi besar untuk menguasai bidang tersebut. Belajar tidak hanya belajar, namun dia benar – benar mencurahkan segala energinya, mencurahkan segala antusiasmenya, mencurahkan segala minatnya untuk menguasai hal tersebut dengan cepat.

Hal ini berbeda dengan mereka yang memaksakan belajar atau menguasai sesuatu yang sebetulnya bukan merupakan potensinya. Apakah tidak bisa? TENTU SAJA BISA. Setiap orang bisa menguasai sesuatu yang bukan potensinya, namun membutuhkan usaha yang jauh lebih keras serta waktu yang lebih lama.

Apabila Anda memutuskan untuk menjadi seseorang yang bisa terus tumbuh dengan cepat, bukan hanya sekedar tumbuh, maka Anda harus menemukan potensi diri Anda.

Menemukan Potensi Diri Sebagai Daya Ungkit Capaian Hidup

Keuntungan paling utama dari mereka yang berhasil menemukan potensi dirinya untuk kemudian diasah dan digunakan sebaik – baiknya adalah : mereka dapat mempercepat laju pertumbuhan mereka daripada rata – rata orang pada umumnya. Faktor inilah yang seringkali menjadi jawaban, mengapa ada orang – orang yang bekerja keras sama besarnya dengan orang lain, namun capaiannya beberapa kali lipat lebih banyak.

Untuk memberikan gambaran pemahaman kepada Anda mengenai keuntungan yang akan didapatkan bagi orang yang fokus dalam mengasah potensinya, diperllihatkan dalam grafik sebagai berikut:

 

Perbedaan dua performa dengan daya ungkit

Perbedaan dua performa dengan daya ungkit

Grafik di atas menunjukkan hasil kinerja dari dua orang yang sama – sama bekerja keras (HARDWORKER). Namun, dapat dilihat bahwa hasil yang mereka dapatkan berbeda karena yang bergaris jingga memiliki daya ungkit atau gradien (kemiringan garis) yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.

Menemukan potensi diri, kemudian mengasah dan menggunakannya dalam bekerja dapat menjadi daya ungkit capaian prestasi Anda.

Apakah Anda hanya ingin mendapatkan capaian yang biasa saja, atau mendapatkan capaian yang ditambah dengan daya ungkit? Tentu, semua dari kita pastilah ingin mendapatkan capaian dengan daya ungkit, bukan?

Maka dari itu, yuk kita temukan potensi diri kita!

CerdasMulia Akan Membantu Anda Menemukan Kembali Potensi Diri Anda

CerdasMulia Institute sangat concern untuk membantu Anda menemukan potensi diri agar dapat mengungkit capaian hidup dengan lebih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin belajar bagaimana dan potensi diri apa saja yang setidaknya dapat Anda ketahui, silakan Anda klik link berikut ini:

  • Bagaimana Cara yang Efektif Agar Kita dapat Menemukan Potensi Diri?
  • Bagaimana Cara Menggunakan Potensi dengan Lebih Optimal?
  • Tools dan Worksheet yang dapat Digunakan untuk Potensi Diri
  • Sumber atau Referensi Lain untuk Membantu Anda Menemukan Potensi Diri

Pelatihan Menemukan Potensi Diri dari CerdasMulia Institute

Apabila Anda ingin mempelajari dengan lebih banyak serta lengkap tentang bagaimana caranya menemukan potensi diri yang dapat mengungkit capaian hidup Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di +62 856 4087 9848 atau email di contact@cerdasmulia.co.id.

Selanjutnya : Cara Efektif untuk Menemukan Potensi Diri