Prinsip 2 CerdasMulia – Membuat Perencanaan Hidup yang Terarah dan Detil

Selamat datang di Prinsip 2 CerdasMulia – Membuat Perencanaan Hidup yang Terarah dan Detil

Sahabat CerdasMulia, apa kabarnya? Senang sekali saya, Arry Rahmawan bisa berbagi kepada Anda tentang prinsip 2 CerdasMulia. Prinsip ini akan membahas betapa pentingnya kita memiliki perencanaan hidup yang terarah, serta bagaimana caranya membuat perencanaan hidup yang efektif untuk dilakukan. Tulisan ini saya buat sebagai pelengkap dari buku “Filosofi Hidup CerdasMulia.” Apabila Anda belum membaca buku tersebut, saya sarankan Anda membaca atau membeli bukunya terlebih dahulu.

Prinsip 2 CerdasMulia : Memiliki Visi yang Jelas dan Terarah

Prinsip 2 CerdasMulia : Memiliki Visi yang Jelas dan Terarah

Dalam Buku Filosofi Hidup CerdasMulia, dijelaskan bahwa Prinsip 2 CerdasMulia – ‘Memiliki Visi’ merupakan salah satu prinsip untuk menyalakan pijar ilmu dalam diri kita. Pada kesempatan kali ini, Senang sekali saya bisa berjumpa dengan Anda, para pembaca buku Filosofi Hidup CerdasMulia yang ingin belajar dengan lebih banyak lagi tentang bagaimana membuat perencanaan hidup.

Dalam tulisan kali ini, kita akan sama – sama belajar tentang:

  • Esensi dan Pentingnya Memiliki Perencanaan Hidup
  • Bagaimana Cara yang Efektif Membuat Perencanaan Hidup
  • Bagaimana Agar Diri Kita Komitmen untuk Menjalankan Rencana Hidup yang telah Kita Buat
  • Tools dan Worksheet yang bisa Anda Gunakan untuk Membuat Perencanaan Hidup
  • Rekomendasi Sumber Lain yang Bisa Membantu Anda untuk Belajar Bagaimana Merencanaakan Hidup

Apakah Anda sudah siap untuk mempelajari prinsip 2 lebih lanjut? Siapkan diri Anda dan ayo kita belajar bersama – sama!

Esensi dan Pentingnya Memiliki Perencanaan Hidup

Apa yang akan saya sampaikan di sini, sebagian besar tidak ada di buku (karena memang sifat content ini adalah pelengkap). Pertanyaan mendasar dari prinsip 2 adalah, “Mengapa kita perlu memiliki perencanaan hidup?”. Saya masih muda, hidup saya masih panjang. Kenapa saya harus repot – repot membuat perencanaan dalam hidup saya?

Perencanaan Hidup Berfungsi untuk Mengunci Fokus Hidup Anda

Memiliki perencanaan hidup akan membuat ‘perjalanan hidup Anda’ semakin jelas ke depannya. Dengan Anda memiliki perencanaan hidup yang jelas, Anda bisa ‘mengunci’ sasaran Anda, sehingga dapat meraih sukses Anda dengan lebih cepat.

Saya akan mengilustrasikan sebuah peristiwa akibat dari sasaran yang ‘tidak dikunci’. Suatu hari, di Amerika ada sebuah maskapai penerbangan yang berangkat dari Los Angeles ke New York City. Sebagai gambaran, berikut ini adalah rute garis lurus pesawat dari Los Angeles ke New York City tersebut,

Jarak dari Los Angeles ke New York sepanjang 2,448 Miles

Jarak dari Los Angeles ke New York sepanjang 2,448 Miles

Menjelang keberangkatan, sang pilot tidak ‘mengunci’ lokasi tujuan dan ternyata pesawat tersebut sedikit bergeser sebesar 1 derajat dan tidak menyadari pergeseran tersebut karena sangat – sangat kecil. Marilah kita asumsikan bahwa pilot tersebut tidak menyadari bahwa terjadi pergeseran 1 derajat sepanjang perjalanan ke New York City. Apakah yang akan terjadi kemudian?

Hal yang terjadi kemudian adalah seperti berikut ini,

Perbedaan jarak tujuan apabila pesawat bergeser 1 derajat selama perjalanan

Perbedaan jarak tujuan apabila pesawat bergeser 1 derajat selama perjalanan

Pada saat pesawat mendarat, hanya karena BERGESER 1 DERAJAT saja selama perjalanan maka menyebabkan bergesernya tujuan sejauh 147 Mil!

Bayangkan, pesawat ini sudah memiliki tujuan dan hanya bergeser 1 derajat selama perjalanan maka akan menghasilkan result mendarat sejauh 147 Mil dari tempat asalnya!

Pelajaran Apakah yang Bisa Kita Ambil? Apa Hubungannya dengan Hidup Kita?

Bayangkan, pesawat itu padahal sudah memiliki ‘tujuan’ mendarat yang jelas. Namun, mengapa masih bisa tersasar? Itu karena dalam mencapai tujuan, mereka TIDAK MENGUNCI atau KURANG BERKOMITMEN untuk bisa mencapainya. Sekarang bayangkan itu terjadi dalam hidup kita. Sudahkah kita memiliki perencanaan hidup yang jelals? Atau jangan – jangan hingga saat ini kita masih belum tahu ke mana diri kita akan berangkat?

Bagi yang sudah, bersyukurlah karena setidaknya Anda sudah tahu ke mana arah dan tujuan hidup Anda. Anda setidaknya mengetahui ke mana arah tujuan hidup yang Anda miliki. Namun, itu saja belum cukup. Apabila Anda tidak MENGUNCI KOMITMEN Anda untuk sampai ke tujuan tersebut, besar kemungkinan Anda akan ‘terlempar’ cukup jauh dari tujuan Anda semula.

Memiliki rencana hidup yang jelas saja belum cukup, tanpa disertai dengan MENGUNCI KOMITMEN Anda untuk menggapai semua hal yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Jadi, sangat disayangkan apabila Anda (walaupun mungkin masih muda) tidak memiliki arah hidup yang jelas. Sudah memiilki arah saja, belum tentu bisa mencapai impian yang telah Anda buat. Apalagi tidak memiliki impian sama sekail?

Maka dari itu, prinsip 2 merupakan salah satu prinsip penting dalam filosofi hidup CerdasMulia. Prinsip 2 CerdasMulia menekankan bukan hanya Anda memiliki impian yang jelas, namun juga MENGUNCI KOMITMEN Anda untuk menggapai impian – impian tersebut.

Apakah Anda memiliki pertanyaan? Silakan tanyakan langsung ke alamat email saya di arry.rahmawan@cerdasmulia.net. Dengan senang hati saya akan mencoba membantu Anda untuk membuat hidup menjadi lebih baik.

Ingin Mempelajari Prinsip 2 CerdasMulia dengan Lebih dalam Lagi?

Silakan Anda klik link berikut ini:

  • Esensi dan Pentingnya Memiliki Perencanaan Hidup
  • Bagaimana Cara yang Efektif Membuat Perencanaan Hidup
  • Bagaimana Agar Diri Kita Mengunci Komitmen untuk Menjalankan Rencana Hidup yang telah Kita Buat
  • Tools dan Worksheet yang bisa Anda Gunakan untuk Membuat Perencanaan Hidup
  • Sumber Inspirasi Lain yang Bisa Membantu Anda untuk Belajar Bagaimana Merencanakan Hidup

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia!