Buana gardenia, blok E-F. Jalan Buana Mandiri V
E5/68. Pinang, Tangerang. 15145
contact@cerdasmulia.net
Hubungi kami melalui email

3 Kebiasaan saat Weekend yang Dapat Membuat Hidupmu Lebih Baik

Subtitle Text

3 Kebiasaan saat Weekend yang Dapat Membuat Hidupmu Lebih Baik

  • Posted by: Arry Rahmawan
  • Category: Tips CerdasMulia, Untuk Pemuda & Mahasiswa
3 kebiasaan bermanfaat saat weekend

Hai, Cemulians. Semoga semua dalam kondisi sehat ya!

Saya menulis ini menjelang weekend, dan saya jadi ingin berbagi tentang beberapa kebiasaan di saat weekend yang menurut saya bisa membantu hidup Cemulians lebih baik.

Sadarkah kamu, bahwa weekend itu mengambil jatah 28% dari hidup kita dalam seminggu?
Walaupun pada dasarnya weekend digunakan untuk istirahat melepas kepenatan hidup, ada 3 kebiasaan praktis yang bisa coba kamu aplikasikan untuk membuat weekend mu lebih bermakna. Kebiasaan ini bebas untuk dilakukan, apakah mulai sejak Jumat sore hingga minggu malam.

Kebiasaan #1: Evaluasi Diri dalam Sepekan Terakhir

Kamu bisa membiasakan untuk merefleksikan apa saja yang sudah kamu lakukan dan untuk apa waktu yang kamu gunakan selama sepekan terakhir. Apa yang perlu dievaluasi? Hal yang paling jelas adalah apakah dalam sepekan terakhir kita sudah semakin dekat dengan visi hidup yang kita kejar. Jadi di kebiasaan ini kamu coba kunjungi kembali visi hidup kamu, dan kamu cocokkan dengan apa yang kamu lakukan sepakan terakhir. Nah, dengan melakukan evaluasi diri, kita dapat belajar apa saja hal – hal yang sudah baik yang perlu kita pertahankan. Kita juga dapat belajar mengenai kekurangan diri yang perlu kita perbaiki. Tuliskan ini dalam notes atau jurnal, sebagai catatan belajar kita. Evaluasinya tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit aja :).

Kebiasaan #2: Tetapkan 1-2 Bentuk Perbaikan

“Semakin sering kita belajar dari kesalahan kita di masa lalu, semakin cepat pribadi ini bertumbuh,” adalah quotes yang saya tanamkan pada diri saya dan keluarga. Dengan berkaca pada kekurangan diri dari evaluasi pada poin 1, kebiasaan berikutnya adalah menetapkan 1-2 bentuk perbaikan kecil yang bisa kita lakukan selanjutnya. Perbaikan kecil ini sesederhana, “menonton netflix maksimal 3 episode sepekan (dari yang tadinya 5)”, atau disesuaikan dengan apa hal paling penting yang memang ingin kamu perbaiki.

Kebiasaan #3: Menetapkan outcome dalam 1 pekan ke depan

Kebiasaan terakhir yang sangat membantu saya adalah menetapkan outcome atau capaian yang ingin saya raih selama 1 pekan ke depan. Outcome berarti keluaran konkrit yang hasilnya betul-betul terasa. Outcome ini saya bagi menjadi 2: personal dan profesional. Misalnya untuk outcome personal, saya menetapkan dalam 1 pekan ke depan: saya membeli kambing super 40kg untuk qurban, dan outcome profesional: saya menghasilkan 8 halaman naskah untuk jurnal internasional. Outcome harus konkrit. “Menyelesaikan membaca buku” bukan outcome. Salah satu outcome misalnya, “membuat resensi buku dari yang saya baca.”. Sampai sini paham ya, apa yang dimaksud outcome?

Itulah 3 hal yang bisa saya bagikan kepada Cemulians di hari ini. Semoga bisa bermanfaat untuk membuat weekend kita lebih berdampak. Pengalaman saya melakukan 3 hal ini hanya memakan waktu 30 menit – 1 jam saja. Jadi jangan lama – lama juga, biar kita bisa tetap menikmati hari libur kita.

Salam CerdasMulia!

Avatar
Author: Arry Rahmawan
Arry Rahmawan adalah pendiri dari CerdasMulia Institute dan saat ini beraktivitas juga sebagai dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia.

Leave a Reply