Buana gardenia, blok E-F. Jalan Buana Mandiri V
E5/68. Pinang, Tangerang. 15145
contact@cerdasmulia.net
Hubungi kami melalui email

Sejarah, Filosofi dan Model CerdasMulia

Sejarah CerdasMulia Institute

CerdasMulia Institute awalnya digagas oleh Arry Rahmawan pada tahun 2012 sebagai sebuah gerakan nyata untuk membantu generasi muda Indonesia memiliki kehidupan yang penuh makna, senantiasa bertumbuh, dan memiliki dampak nyata di masyarakat sebagai provider pelatihan profesional. Pada tahun 2014, Melinda Nurimannisa bergabung sebagai co-founder CerdasMulia untuk membantu mengembangkan model pembelajaran dan nilai – nilai CerdasMulia, yang dikenal dengan model Bintang Kejora. Sejak saat itu, CerdasMulia Institute memberikan pelatihan secara masif kepada 3 pilar pencetak pemimpin masa depan Indonesia, yaitu: Pemuda, Guru, dan Orang Tua. Semakin lama semakin banyak pemuda yang tertarik untuk membantu penyebaran nilai – nilai CerdasMulia ke seluruh penjuru negeri hingga saat ini. Berikut ini adalah pendiri dan juga co-founder CerdasMulia Institute yang hadir bersama dalam CerdasMulia Camp di tahun 2015.

 

Filosofi CerdasMulia

Filosofi Hidup CerdasMulia merupakan sebuah filosofi bagaimana mengoptimalkan hidup yang telah diberikan oleh Tuhan kepada setiap insan manusia. Filosofi ini meyakini bahwa Tuhan sudah menitipkan potensi dalam setiap diri manusia agar dapat bersinar terang layaknya bintang kejora. Menjadi bintang kejora berarti bahwa setiap diri mampu mengeluarkan cahaya yang indah, bersinar terang untuk menerangi kehidupan banyak orang. Filosofi CerdasMulia dicetuskan pertama kali oleh Arry Rahmawan dalam perenungannya sebagai mahasiswa yang sedang mencari makna hidup pada tahun 2012. Filosofi CerdasMulia ini kemudian disempurnakan oleh sahabatnya, Melinda Nurimannisa pada tahun 2014.

Untuk menyalakan potensi pijar yang ada dalam setiap diri inilah, maka Filosofi Hidup CerdasMulia lahir. Filosofi hidup CerdasMulia ini sangatlah sederhana. Untuk menjadi insan bintang kejora, maka kita perlu mengaktifkan 1 Inti Bintang dan 2 Pijar dalam kehidupan. Apa yang dimaksud inti bintang atau core ini adalah bagaimana kita memaknai hidup kita. Di CerdasMulia, kami mengaktifkan inti bintang dengan menyadari sepenuhnya bahwa makna hidup setiap insan di dunia dalah untuk mengabdi dan menjadi perwakilan Tuhan YME sebagai pemimpin yang adil di muka bumi.

Setelah bagian inti bintang aktif, maka kami berpendapat bahwa setiap manusia dapat meraih kehidupan terbaiknya dengan menyalakan 2 pijar dalam hidupnya:

  1. Pijar Cerdas, maksudnya adalah dalam kehidupan sehari – hari selalu berusaha belajar, meningkatkan kapasitas diri, dan terus mengasah potensi unik yang tersimpan dalam setiap pribadi
  2. Pijar Mulia, maksudnya adalah bagaimana setiap detik kehidupan yang kita lalui selalu dapat memberikan manfaat untuk diri kita sendiri dan banyak orang di sekitarnya

Kami sudah melakukan berbagai macam riset dan bereksperimen bahwa Filosofi CerdasMulia ini menjadi kunci bagi setiap orang untuk bukan hanya mendapatkan derajat kehidupan yang tinggi di dunia, namun juga kehidupan yang tenteram, bermakna, dan bahagia.

 

Model Bintang Kejora

 

Berdasarkan filosofi hidup CerdasMulia yang telah dijelaskan sebelumnya, kami menggunakan Model Bintang Kejora sebagai dasar pengembangan pelatihan dan solusi pengembangan diri. Model Bintang Kejora ini dibuat oleh Melinda Nurimannisa dengan bentuk Bintang Kejora yang bersinar. Kami berharap, aplikasi dari filosofi hidup CerdasMulia ini dapat menjadikan setiap orang berpijar layaknya bintang kejora.

Model Bintang Kejora CerdasMulia ini terdiri dari 1 inti (di bagian tengah berwarna putih) dan 2 pijar (di bagian kiri-kanan: pijar Cerdas dan pijar Mulia), seperti yang sudah dijelaskan pada bagian Filosofi CerdasMulia. Untuk mengaktifkannya, diperlukan 9 langkah yang menjadi materi pelatihan utama di CerdasMulia Institute, yaitu:

  1. Langkah #1 – Menemukan Makna Hidup
  2. Langkah #2 – Menyadari Potensi Diri
  3. Langkah #3 – Memiliki Visi Masa Depan
  4. Langkah #4 – Mengoptimalkan Waktu dengan Totalitas
  5. Langkah #5 – Membiasakan Berbagi Energi Positif
  6. Langkah #6 – Menciptakan Solusi Kreatif
  7. Langkah #7 – Memperluas Pengaruh yang Positif
  8. Langkah #8 – Melahirkan Bintang Kejora Baru

Model Bintang Kejora dijelaskan dengan lebih detil pada buku “Filosofi Hidup CerdasMulia” – Panduan Praktis Meraih Kehidupan yang Bersinar Layaknya Bintang Kejora.

Catatan:

Model dan Buku Filosofi Hidup CerdasMulia sudah didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hak cipta melalui Nomor Permohonan J002014017738 dan dikabulkan melalui sertifikat Hak Cipta dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor IDM000546401.